Senin, 27 Maret 2017

Published Maret 27, 2017 by with 0 comment

Media Penyimpanan Data

           Media Penyimpanan data adalah alat penyimpanan data yang berfungsi sebagai media untuk menyimpan data. Media Penyimpanan data terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :
1. Media Penyimpanan Magnetik
2. Media Penyimpanan Optical
3. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

1. Media Penyimpanan Magnetik
           Media Penyimpanan Magnetik merupakan piranti penyampaian yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer. Contoh dari media penyimpanan magnetik ini adalah, hardisk, RAM, dan flashdisk.
         

a. Hardisk
Hardisk merupakan salah satu komponen perangkat keras (Hardware) pendukung komputer yang menyediakan ruang untuk menyimpan data secara permanen pada komputer.

          



b. RAM
RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu media penyimpanan magnetik yang berfungsi sebagai media simpan sementara yang digunakan hanya saat komputer menyala.





c. Flashdisk
Flashdisk merupakan alat penyimpanan data/file yang bersifat non-volatile alias tidak akanhilang meskipun tidak terdapat daya listrik.






2. Media Penyimpanan Optical
          Media Penyimpanan Optical merupakan media penyimpanan data elektronik yang daoat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenanga rendah. Contoh dari media penyimpanan data optical adalah CD-ROM, CD-R, CD-RW, dan DVD.

3. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
          Cloud Storage adalah suatu media penyimpanan data yang dapat diakses dimana dan kapan saja oleh para penggunanya melalui perantara jaringan. Contoh dari media penyimpanan cloud storage adalah Google Drive, Drop Box, Sky Drive.

    email this       edit

0 komentar:

Posting Komentar