Senin, 27 Maret 2017

Published Maret 27, 2017 by with 0 comment

Sistem Operasi Jaringan

1. Pengertian Sistem Operasi Jaringan

          Sistem Operasi Jaringan adalah sebuah jenis Sistem Operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Sisiterm Operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (Printer), DNS service, HTTP service.

2. Jenis - Jenis Sisten Operasi Jaringan

          Sistem Operasi Jaringan ada yang berbasis GUI (Graphical User Interface), dan ada juga yang berbasis CLI (Command Line Interfcae). 
          
          GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.
        
          CLI adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut.
            
          Jenis Sistem Operasi Jaringan yang berbasis GUI :

1. Linux Redhat 


2. Windows 2000 Server


3. Windows NT
  
4. Ubuntu


         Jenis Sistem Operasi Jaringan berbasis CLI :
  
1. Linux Debian

2. Linux Mandrake

3. MacOs

4. Unix    
 
    email this       edit

0 komentar:

Posting Komentar