Selasa, 22 September 2015

Published September 22, 2015 by with 1 comment

Arsitektur Sistem Operasi Windows

1. Aristektur MS DOS

          Arsitektur ini menggunakan model struktur monolitik yang konstruksinya tida berstuktur. Dalam arsitektur ini semua komponen sitem operasi tegabung menjadi satu, semua program bagian ( fungsi, procedure, aatau sub rutin) dapat mengakses program - program lainnya.
          Pada sistem operasi ini, anatara aplikasi dan sistem operasi tidak ada pemisahan yang jelas yang menyebabkan mudahnya program - program virus memodifikasi dan merusak sistem operasi MS DOS.

2. Arsitektur Windows NT

          Sistem Operasi ini menggunakan modek struktur berlapis. Dalam arsitektur ini, komponen nya tidak tergantung dari komponen yang lain, dengan demikian modifikasi atau perbuahan dalam satu kompinen tidak berpengaruh banyak pada komponen yang lainnya.. Windows NT secara global memiliki 4 lapisan, yaitu:

  1. Hardware Abstraction Layer ( HAL )
  2. Kernel
  3. Subsystem
  4. Systems Services
3. Arsitektur Windows Vista, 7, dan 8

          Sistem windows vista, 7, dan 8 memiliki arsitektur yang sangat modular. Setiap fungsi sistem di kelola oleh satu komponen dari sistem operasi. Semua aplikasi mengakes fungsi melalui komponen yang bertanggung jawab yang menggunakan anata muka data standar ( Data Standar Inerface ), Key sistem hanya bisa di akses sesuai fungsinya. Arsitektur windows visa, 7, dan 8 menggunakan arsitektur client server.
    email this       edit

1 komentar: